Belajar Dari Negeri Sakura

Home  >>  Pengalaman  >>  Belajar Dari Negeri Sakura

Belajar Dari Negeri Sakura

On February 16, 2016, Posted by , In Pengalaman, With No Comments

1. Tahukah anda murid-murid sekolah di Jepang membersihkan sekolah mereka setiap hari antara 15-30 menit bersama-sama dengan gurunya dengan tujuan untuk menciptakan generasi penerus Jepang yang gemar dan cinta akan kebersihan.

2. Tahukah anda bahwa siapapun orang Jepang yang membawa anjingnya jalan-jalan harus membawa kantong untuk memungut kotorannya. Karena kebersihan dan higienis merupakan bagian dari budaya mereka

3. Tahukah anda bahwa petugas kebersihan di Jepang dipanggilnya Insinyur Kebersihan dan dan mendapatkan gaji setara Rp 50.000.000,- / bulan. Dan masuknya melalui test tulis dan wawancara…!!!

4. Tahukah anda bahwa Jepang adalah negara yang miskin sumber daya alam dan ratusan kali mengalami gempa bumi dalam setahun, tapi negaranya justru menjadi negeri kedua dengan ekonomi terkuat di dunia…?

5. Tahukah anda Hirosima hanya butuh waktu 10 tahun untuk bangkit kembali dari keterpurukan ekonomi pasca jatuhnya bom atom disana..?

6. Tahukah anda bahwa pemerintah Jepang melarang penggunaan handphone di kereta, restoran dan ruang tertutup lainnya…?

7. Tahukah anda bahwa pelajar Jepang sejak SD sudah harus belajar etika moral dan sopan santun untuk menghadapi orang lain?

8. Tahukah anda meskipun secara ekonomi kaya tapi tidak ada yang memiliki pembantu karena masing-masing orang tua bertanggung jawab sendiri mengelola rumah dan ank-anaknya.

9. Tahukah anda pelajar SD Jepang tidak ada ujian sampai kelas 3 SD, karena hingga kelas 3 konsep pendidikannya hanya untuk membangun dan mengembangkan akhak bukan sekedar menguji kemampuan atau mendoktrin anak.

10.Tahukah anda bahwa jika orang Jepang makan di restoran buffet (boleh makan sepuasnya) orang Jepang hanya mengambil secukupnya dan tidak pernah meninggalkan sisa makanan untuk dibuang.

11. Tahukah anda tingkat keterlambatan kereta di Jepang hanya 7 detik/tahun? Karena mereka sungguh-sungguh menghargai waktu, mereka tepat waktu sampai ke menit dan detik.

12. Tahukah anda bahwa anak-anak sekolah di Jepang wajib menyikat gigi hingga bersih dan membersihkan kembali setiap habis makan di sekolah? Mereka biasa memelihara kesehatan gigi mereka sejak usia dini.

Mari kita renungkan bersama…!!!!

‪#‎Motivation‬ ‪#‎LearningSkill‬ ‪#‎LeadershipCenter‬ ‪#‎PyramidaEduTraining‬ #BelajarEfektif

www.pyramida-edutraining.com

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestEmail this to someonePrint this pageShare on Tumblr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *