Membantu Anak Otak Kanan Belajar

Home  >>  Otak Manusia  >>  Membantu Anak Otak Kanan Belajar

Membantu Anak Otak Kanan Belajar

On February 19, 2016, Posted by , In Otak Manusia, With No Comments

1. Temukan minatnya dan mulai mengajari apapun melalui hal yang menarik minatnya. Jika ia suka mobil bicaralah mulai dari mobil dsbnya.

2. Jika ia ingin belajar sambil bergerak-gerak maka ijinkanlah ia melakukan itu.

3. Jelaskan untuk apa kita harus mempelajari sesuatu agar dia bisa melihat gambaran besar dan tujuan akhirnya.

4. Gunakan alat peraga dan contoh-contoh ilustrasi untuk menggambarkan apa yang sedang anda jelaskan misalnya konsep tambah, kurang dan bagi.

5. Latihlah kecepatan untuk visualisasi dan kemampuan merekam gambar.

a. Latihan tahap dasar visualisasi, misalnya membayangkan sebuah aktivitas yang dilakukan seperti; berangkat ke sekolah, mengerjakan sesuatu di rumah dsb, persis seperti proses hipnoteraphy. Bayangkan kamu sekarang melangkah menuju lemari es, bayangkan sekarang kamu buka, tolong ambilkan mama jeruk dan susu, kemudian tunagkan susunya ke dalam gelas, bawa gelas beri susu dan jeruk itu ke kamar mama. Jika anak anda sudah bisa mengulangi prosesnya secara runtut artinya dia sudah mulai terlatih kemampuan visualisasinya

b. Latihan tahap lanjutan visualisasi mengingat gambar; minta dia melihat gambar dan anda sebutkan namanya, minta ia memejamkan mata, tanya apakah gambar itu sudah muncul di bayangan pikirannya.

c. Latihan Lanjutan Visualisasi mengingat angka dan urutannya. Latihan ini dimulai dengan mengingat angka 1 s/d 10 satu demi satu, perlihatkan gambar angka 1 s/d 10 satu per satu, kemudian setelah ia berhasil mengingatnya minta anak anda untuk mengurutkan dari depan ke belakang, setelah itu minta ia mengurutkannya dari 10 ke 1, jika berhasil maka sudah mulai terlatih untuk menggunakan kemampuan unggulnya.

d. Latihan Lanjutan Visualisasi mengingat huruf dan urutannya. Latihan ini di mulai dengan pengenalan huruf satu demi satu; dengan metode mata terpejam, apabila ini sudah terekam maka mintalah anak anda untuk mengurutkan 10 huruf pertama dari depan dan dari belakang. Terus berlanjut.

www.pyramida-edutraining.com

‪#‎Motivation‬ ‪#‎LearningSkill‬ ‪#‎LeadershipCenter‬ ‪#‎PelatihanBelajarEfektif‬‪#‎PyramidaEduTraining‬

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestEmail this to someonePrint this pageShare on Tumblr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *