Neo Cortex

Home  >>  Otak Manusia  >>  Neo Cortex

Neo Cortex

On February 24, 2016, Posted by , In Otak Manusia, With No Comments

Neo Cortex merupakan tempat bersemayamnya kecerdasan yang membuat kita menjadi benar-benar manusia. Neo Cortex terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi – sisi otak mamalia. Tebalnya sekitar 1/8 inci dan berbentuk lipatan-lipatan. Jika dibentangkan ukuranya kira-kira seluas 1 halaman koran. Neo Cortex merupakan 80 % dari otak manusia.

Otak ini memiliki fungsi tingkat tinggi, seperti berbahasa, berpikir abstrak, memecahkan masalah. Kemampua-kemampuan itulah yang membuat manusia unik. Pada otak Neo Cortex terdapat empat lobus (cuping) otak , yaitu lobus frontal, lobus pariental, lobus temporal dan lobus occipital. Lobus frontal yang terletak persis di belakang kening berfungsi untuk melakukan penalian, kretifitas, berpikir, merencanakan dan memecahkan masalah. Lobus pariental terletak di bagian atas agak ke arah belakang dari otak kita, dan berfungsi untuk memproses sensasi dan fungsi bahasa. Lobus temporal yang terletak di samping kiri dan kanan berfungsi untuk memproses pendengaran, memori, arti, dan bahasa. Lobus occipital yang terletak di bagian belakang otak berfungsi untuk penglihatan. Itulah sebabnya bila seseorang terjatuh dan kepala bagian belakangnya terantuk, maka orang itu akan melihat “kunang-kunang” beterbangan. Ini terjadi karena saraf penglihatanya mengalami guncangan.

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestEmail this to someonePrint this pageShare on Tumblr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *