Otak Reptil

Home  >>  Otak Manusia  >>  Otak Reptil

Otak Reptil

On February 19, 2016, Posted by , In Otak Manusia, With No Comments

Otak reptil bermula dari batang otak yang terletak di dasar otak dan terhubung ke tulang belakang. Bagian otak ini sama persis dengan bagian otak yang dimiliki reptil, seperti kadal dan buaya. Oleh karena itu ia disebut otak reptil.

Adapun fungsi atau tugas otak reptil adalah sebagai berikut :
1. Mengendalikan fungsi-fungsi motor sensorik
2. Mempertahankan hidup secara naluriah yang tefokus pada makan, tempat tinggal, perkembangbiakan, dan perlindungan diri. Ketika kita mengalami suatu bahaya, otak reptil akan memberikan komando kepada anggota tubuh anda yang lain untuk menghadapi atau lari dari situasi tersebut.

Untuk keperluan belajar dan berpikir kreatif, otak reptil harus dikondisikan dengan aman. Dalam kondisi aman, otak reptil mampu bekerja dengan baik dan mendukung bagian otak lain untuk belajar. Bahkan dalam kondisi aman ini, memungkinkan otak untuk lebih berani mengungkapkan ide-ide baru. Ide-ide baru yang mungkin belum pernah ditemukan orang lain, sehingga berkembanglah pemikiran-pemikiran kreatif.

Sedangkan dalam kondisi terancam otak reptil akan memberontak. Termasuk hal-hal-hal yang mengancam otak reptil adalah takut guru, takut tidak lulus cemas mendapatkan nilai jelek atau ketakutan lainnya.

www.pyramida-edutraining.com

‪#‎Motivation‬ ‪#‎LearningSkill‬ ‪#‎LeadershipCenter‬ ‪#‎PelatihanBelajarEfektif‬‪#‎PyramidaEduTraining‬

 
Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestEmail this to someonePrint this pageShare on Tumblr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *