ERGONOMI DAN POSISI TUBUH DALAM MEMBACA CEPAT

Home  >>  Gaya Belajar  >>  ERGONOMI DAN POSISI TUBUH DALAM MEMBACA CEPAT

ERGONOMI DAN POSISI TUBUH DALAM MEMBACA CEPAT

Ergonomi dan posisi tubuh dalam membaca banyak diabaikan orang, padahal ergonomi dan posisi tubuh yang baik dapat meningkatkan kenikmatan dan efektivitas dalam membaca, terutama membaca cepat.

APAKAH ERGONOMI ITU ?
Kata ergonomi berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua kata yaitu Ergon yang berarti kerja dan Nomoi yang berarti hukum-hukum alami. Jadi ergonomi secara sederhana adalah ilmu yang membahas bagaimana tubuh kita bekerja secara alami.

Tujuan utama mempelajari ilmu ergonomi adalah untuk mendesain lingkungan kerja yang dapat memaksimalkan efisiensi dan efektifitas kerja. Desain lingkungan kerja dengan ergonomi yang baik membantu mengurangi ketidaknyamanan dan kelelahan saat bekerja atau melakukan suatu aktivitas tertentu seperti membaca.

Karena ada posisi yang ergonomis ketika bekerja atau melakukan aktivitas tertentu, maka banyak alat kerja yang didesain seergonomis mungkin. Kursi, meja, keyboard dan monitor komputer adalah beberapa contoh barang/ alat yang biasa didesain seergonomis mungkin.

 

Hubungan Ergonomi dan Posisi Tubuh Dalam Membaca Cepat

Agar suatu desain ergonomis dapat membantu Anda bekerja lebih efisien dan efektif, Anda tidak saja membutuhkan peralatan yang didesain secara layak, namun juga membutuhkan posisi tubuh yang baik dalam melakukan aktivitas tertentu seperti membaca. Kesalahan posisi tubuh dalam membaca memungkinkan seseorang menjadi mudah lelah, kurang konsentrasi dan bahkan pegal-pegal atau sakit pada bagian tertentu.

Kepala, punggung, tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya harus diposisikan dengan tepat agar tercapai posisi tubuh netral dimana tubuh hanya membutuhkan aktivitas otot minimal dan hemat energi. Dengan cara ini maka tingkat kelelahan akan bisa diminimalkan dan Anda akan bisa membaca senyaman dan selama mungkin.

Lantas bagaimana hubungan antara ergonomi, posisi tubuh dan membaca cepat? Jawabannya adalah sangat berhubungan. Anda tidak akan mungkin bisa membaca cepat jika tubuh Anda tidak berada dalam kondisi prima dan nyaman untuk membaca.

Dengan memahami ergonomi, maka ketika Anda melakukan suatu aktivitas apapun termasuk membaca cepat, Anda dapat mempersiapkan dan membuat lingkungan sekitar aktivitas menjadi seergonomis mungkin termasuk menggunakan posisi tubuh yang tepat dan sebaik mungkin didalamnya.

Berikut beberapa tips ergonomi dan posisi tubuh yang baik dalam membaca cepat dan membaca secara umum yang dapat Anda praktekkan:

  1. Duduk dengan rileks dan nyaman. Pastikan punggung Anda lurus dan leher tegak. Jangan tekuk leher Anda karena ini akan membuat kelelahan dan ketegangan pada leher yang seringkali membuat membaca menjadi tidak nyaman, tidak lama dan membuat Anda sulit memahami apa yang Anda baca.
  2. Pastikan jarak antara mata dengan tulisan sekitar 30 cm. Ini adalah jarak yang ideal, dimana Anda akan bisa melihat tulisan dengan baik tanpa mata harus bekerja dengan keras. Mata akan bekerja secara alami, lensa mata Anda tidak perlu terlalu berkontraksi. Jarak baca yang terlalu jauh atau terlalu dekat akan cepat membuat mata Anda lelah. Dalam hal membaca cepat, jarak yang baik ini juga akan sangat membantu Anda untuk bisa melihat keseluruhan kata dengan lebih banyak. Jadi ketika Anda bisa melihat lebih banyak kata tanpa harus membuat mata Anda bekerja terlalu lelah, maka Anda akan bisa mempercepat gerak mata Anda dan kecepatan baca Anda.
  3. Usahakan buku Anda ditopang di atas meja atau alas yang lain. Jika kita perhatikan kalau kita datang ke perpustakaan kemudian kita membaca buku, Anda akan melihat ada banyak sekali meja yang disiapkan untuk membaca. Nah, dengan meletakkan buku di atas meja maka Anda akan mudah dapat membolak-balik halaman, termasuk beban untuk menahan buku itu sendiri adanya di meja, bukan di tangan Anda.
  4. Menghindari gerakan yang tidak perlu ketika membaca. Kadang-kadang seseorang punya kebiasaan membaca sambil mengetuk-ngetukkan kaki ke lantai atau menggoyang-goyangkan kaki, ada orang yang lain menggoyang-goyangkan lengannya. Jika kita menggerak-gerakkan kaki atau lengan sambil membaca berarti kita menghabiskan energi yang harusnya difokuskan untuk proses membaca itu sendiri. Gerakan yang tidak perlu ini juga akan membuat kita lebih cepat lelah dan lebih sulit berkonsentrasi.
  5. Penerangan yang cukup ketika membaca. Pastikan sinar lampu yang Anda gunakan mengarah ke bahan bacaan Anda sehingga seluruh kata, seluruh huruf akan terlihat dengan jelas. Anda bisa membaca dengan mudah, mata Anda akan terbantu untuk membacanya sehingga Anda bisa membaca di kecepatan yang tinggi.

 

Demikianlah beberapa tips tentang ergonomi dan posisi tubuh yang baik dalam membaca cepat.

Saya sangat menyarankan Anda untuk sedapat mungkin membuat lingkungan/ tempat baca Anda ergonomis dan menggunakan posisi tubuh ideal di atas setiap kali Anda membaca, terlebih ketika Anda ingin membaca dengan konsentrasi tinggi, membaca dengan kecepatan tinggi.

 

Sumber : http://www.membacacepat.com/artikel/ergonomi-membaca-cepat/

Bagikan...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestEmail this to someonePrint this pageShare on Tumblr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *