031-5036409
pyramida.edutraining@gmail.com

NEO CORTEX


Neo Cortex merupakan tempat bersemayamnya kecerdasan yang membuat kita menjadi benar-benar manusia. Neo Cortex terbungkus di sekitar bagian atas dan sisi – sisi otak mamalia. Tebalnya sekitar 1/8 inci dan berbentuk lipatan-lipatan. Jika dibentangkan ukuranya kira-kira seluas 1 halaman koran. Neo Cortex merupakan 80% dari otak manusia. Otak ini memiliki fungsi tingkat tinggi, seperti berbahasa, berpikir abstrak, memecahkan masalah. Kemampua-kemampuan itulah yang membuat manusia unik.

Pada otak Neo Cortex terdapat empat lobus (cuping) otak , yaitu lobus frontal, lobus pariental, lobus temporal dan lobus occipital. Berikut penjelasan mengenai empat lobus pada otak Neo Cortex :

  • Lobus frontal yang terletak persis di belakang kening berfungsi untuk melakukan penalian, kretifitas, berpikir, merencanakan dan memecahkan masalah.
  • Lobus pariental terletak di bagian atas agak ke arah belakang dari otak kita, dan berfungsi untuk memproses sensasi dan fungsi bahasa.
  • Lobus temporal yang terletak di samping kiri dan kanan berfungsi untuk memproses pendengaran, memori, arti, dan bahasa.
  • Lobus occipital yang terletak di bagian belakang otak berfungsi untuk penglihatan. Itulah sebabnya bila seseorang terjatuh dan kepala bagian belakangnya terantuk, maka orang itu akan melihat “kunang-kunang” beterbangan. Ini terjadi karena saraf penglihatanya mengalami guncangan.

 

Sumber : Born to be a Genius (Adi W. Gunawan)

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *