031-5036409
pyramida.edutraining@gmail.com

MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN OTAK KANAN


Otak merupakan bagian tubuh yang memang memiliki peran utama yang memegang kendali dan menyalurkan berbagai macam perintah pada setiap organ-organ tubuh. Menurut ilmu pengetahuan, terdapat perbedaan antara otak kiri serta otak kanan. Orang yang menggunakan otak kiri secara dominan, maka dia akan cenderung berpikir dengan menggunakan logika yang mendalam dan memiliki alasan untuk setiap hal.

Sedangkan orang yang menggunakan otak kanan secara dominan, maka dia akan cenderung berpikir dengan kreatif dan penuh imajinasi. Oleh karena itu, menyeimbangkan kemampuan otak kiri serta kanan memang akan membuat anda mampu menggunakan kemampuan otak anda dengan maksimal.

Berikut di bawah ini adalah cara untuk meningkatkan kemampuan otak kanan agar menjadi lebih kreatif :

  1. Menggunakan Tangan Kiri (Kidal) Dan Kanan

Salah satu cara termudah untuk melatih kemampuan otak kanan adalah dengan melatih kedua tangan, baik itu tangan kanan serta kiri agar dapat melakukan berbagai tugas dengan seimbang dan baik, seperti menulis, menggunakan handphone, membuka pintu, dan lain-lain. Pelatihan tangan kanan dan tangan kiri ini dapat memperkuat hubungan antara syaraf dan bahkan membentuk syaraf-syaraf baru.

 

  1. Membaca

Membaca dikatakan dapat melenturkan otot-otot otak dan membuat pikiran menjadi lebih santai. Kegiatan membaca yang dilakukan secara rutin serta teratur dapat secara perlahan-lahan meningkatkan kemampuan otak kanan agar menjadi lebih kreatif, baik itu membaca bahan bacaan yang berat maupun ringan, seperti komik, novel, dan lain-lain.

 

  1. Bermain Puzzle Dan Teka-Teki Silang

Mungkin selama ini anda berpikir bahwa bermain puzzle serta teka-teki silang hanyalah sebagai kegiatan yang tepat untuk menghabiskan waktu. Padahal, lebih dari itu, permainan puzzle, sudoku, teka-teki silang, kotak rubuik, dan lain-lain memiliki manfaat yang sangat baik untuk membuat otak kanan menjadi lebih kreatif.

 

  1. Belajar Bahasa Asing

Dengan belajar bahasa asing maka anda akan mengaktifkan suatu bagian otak yang belum anda gunakan semenjak anda mulai berbicara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mampu berbicara dengan menggunakan beberapa bahasa asing dapat meningkatkan pasokan darah ke otak untuk menjaga kesehatan sambungan syaraf.

 

  1. Menikmati Musik

Bermain alat musik atau mendengarkan musik memang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Memang pada kenyataanya kedua kegiatan tersebut  memang benar-benar dapat meningkatkan kreatifitas pada otak bagian kanan.

 

  1. Melakukan Latihan Fisik

Melakukan latihan fisik setiap hari secara teratur juga dapat meningkatkan kesehatan otak. Hal tersebut dapat terjadi karena dengan latihan fisik yang baik, maka aliran darah pun akan semakin lancar. Selain itu, latihan fisik juga dapat meningkatkan perhatian, penalaran, dan juga daya ingat.

 

  1. Mencari Kegemaran Baru

Kreatifitas otak kanan juga dapat ditingkatkan dengan cara mencari dan melakukan suatu kegemaran atau kegiatan baru yang membuat anda tertantang untuk mencobanya. Suatu hal yang baru dan menarik akan menjaga otak anda untuk terus aktif.

 

 

 

 

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *