031-5036409
pyramida.edutraining@gmail.com

One Day with Pyramida Edutraining


Kali ini membersamai SMA Negeri 1 Gresik, masih di Lentera Camp Trawas, tempat pelatihan berbasis perkemahan yang Resik, Ijo, dan Melayani kebutuhan pelatihan anda.

Pagi hari dimulai dengan perkenalan dan briefing berkaitan dengan program Outbound Challenge Activity (OCA). Hal ini perlu disampaikan terkait dengan kedisiplinan ketika memasuki pos permainan yang disampaikan oleh kak Afan.

        

Di pos pertama ada kak Hafid yang memberikan pembelajaran dengan media permainan bernama Transfer Bola, ada beberapa value yang coba disampaikan melalui permainan ini yaitu cara berkomunikasi dan pembagian tugas dalam sebuah organisasi, selain itu, dalam permainan ini juga dilatihkan sikap percaya kepada rekan yang bertugas.

Selanjutnya, ada kak Azka dengan permainan Lego, di sini rekan-rekan diberikan tantangan untuk membuat sebuah bangunan sesuai dengan maket atau contoh yang diberikan. Pembelajaran yang ingin disampaikan adalah tanggung jawab masing-masing individu dalam sebuah organisasi yang diibaratkan sebuah bangunan lego yang disusun oleh masing-masing anggota.

       

Pos terakhir, ada kak Ricky dengan permainan Pipa Balance. Di sini, rekan-rekan diajak untuk belajar sambil mengalami (experential learning) tentang satu komando, dipilih satu pemain untuk memberi arahan kepada seluruh anggota untuk membawa visi organisai mencapai titik tujuan. Anggota pun belajar untuk mengikuti arahan komandan agar mereka bisa berjalan bersama-sama, semua pemain memiliki andil besar untuk mencapai tujuan, bagaimana tidak? Jika satu saja lalai dalam tugas dan arahan yang diberikan, pastilah visi itu jatuh atau bahkan mangkrak di tengah jalan.

          

Sebagai penutup, kak Faruq mengajak mereka untuk bersungguh-sungguh dalam mengemban tanggung jawab dalam organisasi, tanpa sedikitpun mengesampingkan tanggung jawab akademik. Sepenggal kalimat yang diberikan adalah “ada orang tua yang rela bekerja siang malam agar anaknya bisa sekolah, jangan sampai mengecewakan mereka”.

Lebih lanjut kak Faruq menyampaikan, “Semoga, pembelajaran di dunia lain ini bisa menjadi bekal kalian kembali ke dunia nyata yaitu sekolah dan bermasyarakat, untuk lebih totalitas dalam organisasi, serta serius dalam hal akademik”.

Sampai jumpa di lain kesempatan, sampai jumpa dengan kesuksesan masing-masing. Semangat pagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *