031-5036409
pyramida.edutraining@gmail.com

SCIENCE CAMP SMP MUHAMMADIYAH 12 GRESIK KOTA BARU (GKB)


Kegiatan berkemah kali ini bertajuk “science”, mendampingi peserta dari SMP Muhammadiyah 12 Gresik Kota Baru (GKB). Hari pertama diisi dengan agenda motivasi berprestasi yang diberikan oleh M. Saunan Al Faruq, M.Pd.
Seperti biasa, serius tapi santai peserta diajak untuk brainstorming dalam mendefinisikan motivasi dan apa sejatinya makna dari prestasi. Setidaknya ada empat hal yang harus dimiliki oleh seseorang untuk menanamkan motivasi berprestasi. Pertama, tujuan harus jelas (spesifik), sehingga kita tidak hanya sibuk dengan seabrek kegiatan namun belum jelas arah dan tujuannya. Kedua, motif untuk melakukan sesuatu itu harus kuat, agar suatu saat ketika kita sedang dilanda kebosanan, kita masih mampu bangkit, mengingat awal mula kita memulai langkah untuk berjuang. Ketiga, seseorang yang ingin berprestasi harus memiliki rencana, apa yang hendak dilakukan dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Terakhir, kita harus memikirkan apakah apa yang kita tuju, apakah yang kita rencanakan nantinya akan bermanfaat dan memberikan manfaat.


Sore hari, setelah mereka melakukan dinamika tim, kegiatan OCA (Outbound Challenge Activities) menjadi simulasi pembelajaran soft skills. Di pos pertama terdapat game pipa balance, di mana game ini menantang peserta untuk menyeimbangkan pipa dalam membawa bola yang berada di atasnya. Permainan ini mengajarkan bahwa setiap orang memiliki sumbangsih dalam mengatur keseimbangan, seandainya satu saja tali yang dipegang miring, maka akan memiliki pengaruh kepada tali yang lain. Selain itu, peserta peserta juga diajak belajar untuk menjadi pemimpin agar bisa mengarahkan anggotanya dalam mencapai tujuan.


Pos kedua ada game hulu-hilir, ini game baru dari Pyramida Edutraining, peserta diminta untuk mengatur strategi dalam membagi tugas, terdapat beberapa benda yang nantinya akan digunakan untuk membawa air dari hulu ke hilir. Filosofi dari game ini adalah, setiap orang diberikan kemampuan atau rizki yang berbeda oleh Tuhan Yang Maha Esa, jika diperhatikan lebih dalam, banyak orang yang menganggap ketika dia kebagian gelas, maka kesempatan untuk membawa air jauh lebih besar dari pada yang kebagian spons atau kertas. Namun, yg perlu dipahami adalah, game ini sekali lagi mengajak kita untuk berfikir, bersyukur atas apa yang telah menjadi bagian dari kita, dan semuanya dikembalikan pada usaha masing-masing individu.

Formula sukses, games di pos ketiga ini merupakan tantangan untuk menjumlahkan angka dengan tanda baca dalam matematika. Jika disambungkan dengan permainan sebelumnya, games ini menekankan pada strategi, angka berapa dan tanda apa yang seharusnya didahulukan agar mendapatkan nilai terbesar di akhir.
Terakhir, game kaki kepiting yang mengajak peserta untuk melangkah secara beraturan, disiplin, dan seirama, agar tidak menyakiti satu sama lain. Games ini dilakukan secara berkelompok dengan cara mengikatkan tali di kaki peserta yang telah berbaris miring.

Malam hari pertama ditutup dengan api unggun kebersamaan, dimana peserta diajak untuk menampilkan kreatifitas secara tim, ada yang menampilkan parodi suasana belajar, musikalisasi puisi, dan lain sebagainya. Dibuka dengan beberapa motivasi dari dewan guru dan kita berkontemplasi di akhir sesi, mulai dari kebersamaan peserta selama tiga tahun di sekolah, cita-cita untuk melanjutkan study, dan tentunya bersyukur atas nikmat yang telah diberikan sampai detik ini.

Pagi hari dimulai dengan olah raga dan senam maumere atau gemu famire, sebelum mereka melanjutkan aktifitas “science tracking”. Jalan-jalan ke kampung organik Brenjonk, belajar langsung di area kebun, dan persawahan, peserta melihat serta mendapatkan penjelasan langsung dari “guide” yg juga merupakan warga sekitar Lentera Camp Trawas.


Diawali dengan kuis seputar apa itu organik, pestisida, mikroba, rantai makanan, dan lain sebagainya. Selanjutnya peserta diajak untuk berkeliling ke area pengomposan, pembibitan, petik sayur, dan ternak madu sebagai nilai tambah dari segi ekonomi.

 


Penutupan dilakukan secara hikmat dengan menyanyikan lagu Padamu Negeri, serta pengumuman pemenang dalam outbound challenge activities.


Sampai jumpa kawan, semoga kesempatan yang berharga ini tidak hanya menjadi kenangan, namun lebih dari pada itu, mari kita lestarikan lingkungan dengan modal imtaq dan iptek yang harus diasah ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *