031-5036409
pyramida.edutraining@gmail.com

Teachers Camp SMA IPIEMS Surabaya


Teachers Camp? Apaantu?

Kalau biasanya Tim Pyramida Edutraining berkegiatan bersama dengan peserta didik, kali ini bersama gurunya. Ya, guru-guru dari SMA IPIEMS Surabaya nampak antusias dengan kegaiatan yang diselenggarakan di penghujung semester ganjil ini.

Teachers Camp merupakan kegiatan pelatihan yang dikemas dalam bentuk perkemahan dalam rangka mengajak semua guru meninggalkan sejenak kesibukannya dalam mempersiapkan rencana pembelajaran, mengajar, dan menyusun laporan penilaian peserta didik untuk kembali mengasah “gergaji” agar siap kembali melakukan tugasnya secara optimal.

Acara dibuka oleh perwakilan dari pihak Yayasan IPIEMS dengan bercerita terkait dengan tugas mulia yang diemban oleh para guru, bertemakan “Profesional dan Berintegritas” kegiatan ini dapat merefresh kembali tujuan awal dari sebuah profesi dan tanggung jawabnya.

Seperti biasa, kontrak belajar menjadi awal komitmen peserta kegiatan untuk bersama-sama menjaga kelancaran kegiatan dengan tetap SERSAN, serius tapi santai. Dilanjutkan dengan dinamika tim, kami memfasilitasi berjalannya pemilihan nama tim, ketua, sekretaris, sampai dengan kreasi yel-yel penyemangat.

Setelah melaksanakan istirahat, sholat, dan makan, peserta yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan ini mendapatkan sesi kelas berupa motivasi untuk melakukan perubahan, serta merefleksikan kembali apa yang sudah dilakukan dan apa yang nantinya bisa dioptimalkan. Narasumber kali adalah Bapak Zein Abidin, Presiden IMTA (Indonesian Motivation Trainer Association).

Setelah kegitan tersebut, kepala sekolah menyambung dengan kegiatan internal sekolah berupa  “brainstorming” berkaitan dengan kebijakan terbaru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Bapak Fauzi selaku kepala sekolah memberikan gambaran bagaimana nantinya guru-guru ini memiliki tantangan baru, berkaitan dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), UN, RPP, serta sistem PPDB Zonasi yang disempurnakan.

Malam hari, guru-guru berkegiatan santai bersama dengan hangatnya api unggun, mereka menampilkan parodi kenangan menjadi guru, menyanyikan lagu kemesraan, dan acara makan-makan, angsle dan ronde, serta coffe break menambah kehangatan malam itu.

Kegiatan sholat berjamaan menjadi awal kegiatan di hari kedua, dilanjutkan dengan kegiatan senam dan fun tracking menyusuri terasering area pegunungan Penanggungan dan Welirang. Setelah sarapan pagi dengan menu dari Lentera Camp Trawas, kegiatan dilanjutkan dengan Outbound Challenge Activities (OCA), dilanjut dengan closing game pengibaran bendera sebagai penutup kegiatan.

Sebagai penutup, guru merupakan  role model yang sering kali menjadi ujung tombak dari setiap kebijakan pendidikan. Selain itu, guru juga menjadi bagian terpenting terkait dengan interaksinya dengan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari kegiatan Teachers Camp ini adalah terwujudnya satu pandangan bersama oleh semua guru terkait bagaimana menyikapi perubahan yang akhir-akhir ini berjalan beriringan dengan tantangan-tantangan global.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *