BECOMING DIGITAL LEADER

Apa yang kamu ketahui tentang seorang ‘Digital Leader’ 😎

Di era transformasi digital ini semua pemimpin dan staff dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menjadi seorang digital leader yang mana mereka memiliki satu goal yang sama yaitu membawa organisasi atau bisnis yang dia pimpin untuk melakukan transformasi digital yang tidak hanya merupakan peralihan teknologi saja tapi juga aspek lain seperti transformasi kognitif, perilaku, dan emosi. Untuk itu, digital leader harus bisa berpikir, mengambil tindakan, dan bereaksi secara berbeda.

The classical Knowing-Doing-Being framework memaparkan satu jalan bagi kamu untuk mengatasi hal ini. Kerangka ini tentu bukan sekedar konsep, tetapi juga harus dipraktikan secara nyata. Apa saja yang bisa dilakukan pemimpin di era digital?

1.Knowing

Proses untuk menjadi pemimpin yang autentik dimulai dengan pengetahuan. Sebagai pemimpin perlu berpikir dan memahami keterampilan, kompetensi, dan informasi teknis yang diperlukan agar bisa mengelola tim dalam dunia kerja yang modern.

Bagi banyak pemimpin, digital dapat menjadi ‘frenemy’ (teman/lawan). Hal ini bisa menjadi wadah untuk meningkatkan pengaruh, prestise, dan kekuatan pemimpin. Namun terdapat pula peluang tersembunyi, di mana ‘digital’ bisa menjadi media yang menjerumuskan pemimpin pada ‘ego’. Seorang pemimpin mungkin semakin terkenal karena adanya social media, sehingga enggan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang dianggap ‘tidak selevel’.

Pengetahuan diperlukan oleh seorang pemimpin, tidak hanya itu di era digital ini sebagai pemimpin kamu harus bisa fleksibel agar dapat mengikuti perkembangan jaman yang dinamis.

2.Doing

Merangkul informasi yang tepat untuk menjadi pemimpin digital yang autentik cukup mudah. Tantangan sebenarnya dimulai ketika orang mulai mempraktekkan pengetahuan itu. Dalam dunia digital tidak ada lagi batasan dimana informasi dapat diakses dengan cepat dan mudah. Kemudahan ini mendorong orang untuk semakin meningkatkan inovasi.

Tidak hanya itu, budaya kewirausahaan yang tebangun membuat kamu lebih beranu mengambil risiko. Sebagai pemimpin tidak hanya memberikan delegasi dan perintah, tetapi perlu bagi seorang pemimpin untuk terlibat dalam proyek yang ada. Bekerja bersama tim dan berinteraksi dengan banyak anggota perusahaan menjadi salah satu cara untuk menjadi pemimpin yang tidak hanya terjebak pada ‘status’, tetapi juga melakukan ‘aksi’ sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

3.Being

Hal yang paling sulit untuk menjadi pemimpin sejati adalah tahap wujud. Kamu ditantang untuk bisa mewujudkan secara konsisten peran sebagai pemimpin dalam perusahaan. Tidak hanya itu, sebagai pemimpin kamu harus bisa menuntun anggota perusahaan untuk mencapai tujuan, bertindak sesuai pada nilai-nilai, dan yang terpenting menjaga integritas.

Kamu pasti memiliki sejarah pribadi tentang momen-momen yang mempengaruhi dirimu saat ini. Kamu bisa mengatasi semua rintangan dalam kehidupan dan belajar dari berbagai pengalaman untuk mencapai keberhasilan. Pengalaman-pengalaman ini jelas membentuk dirimu saat ini, sekaligus mempengaruhi cara kamu mengambil keputusan.

Digital sendiri bisa berarti ‘kita semakin tidak terkendali’. Tidak ada cara untuk mengelola setiap komponen tentang bagaimana orang lain bereaksi, merespond, atau mengkritik kehidupanmu. Maka, sangat penting buat kamu sebagai pemimpin untuk bisa merangkul dan menerima sekaligus, baik pihak yang pro dan kontra.

Pemimpin pada era digital ini akan lebih sering berkomunikasi dan terlibat dengan banyak audiens. Sebagai pemimpin, kamu harus bisa membangun perspektif global dan meminimalisir perspektif yang subyektif. Bahkan kamu harus bisa menambahkan perspektif yang unik dan baru.

Nah, sebagai pemimpin di era digital apakah kamu sudah melakukan ketiga hal ini? Cobalah untuk menerapkan ketiga hal ini dengan lebih serius, sehingga kamu bisa membawa tim pada kesuksesan bersama perusahaan.

Pyramida Edutraining
Learning Skill . Leadership Center . Entrepreneurship
Cerdas, Mandiri, Berjiwa Pemimpin
Soft skill & Characters Building

More Info :
Kantor : 031 5036409
linktr.ee/pyramidaedutraining
linktr.ee/pyramidaedutraining
linktr.ee/pyramidaedutraining

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *